Sunday, April 16, 2017

Gula Batu

Menurut Darwin (2013), gula adalah suatu karbohidrat sederhana karena dapat
larut dalam air dan langsung diserap tubuh untuk diubah menjadi energi. Secara umum,
gula dibedakan menjadi dua, yaitu:

a. Monosakarida
Sesuai dengan namanya yaitu mono yang berarti satu, ia terbentuk dari satu molekul
gula. Yang termasuk monosakarida adalah glukosa, fruktosa, galaktosa.

b. Disakarida
Berbeda dengan monosakarida, disakarida berarti terbentuk dari dua molekul gula.
Yang termasuk disakarida adalah sukrosa (gabungan glukosa dan fruktosa), laktosa
(gabungan dari glukosa dan galaktosa) dan maltosa (gabungan dari dua glukosa)
Gula merupakan komoditasutama perdagangan di Indonesia. Gula merupakan salah satu pemanis yang umum dikonsumsi masyarakat. Gula biasa digunakan sebagai pemanis di makanan maupun minuman, dalam bidang makanan, selain sebagai pemanis, gula juga digunakan sebagai stabilizer dan pengawet.

Gula merupakan suatu karbohidrat sederhana yang umumnya dihasilkan dari tebu. Namun ada juga bahan dasar pembuatan gula yang lain, seperti air bunga kelapa, aren, palem, kelapa atau lontar. Gula sendiri mengandung sukrosa yang merupakan anggota dari disakarida.

Mengkonsumsi gula harus dilakukan dengan seimbang, dalam hal ini seimbang dimaksudkan bahwa kita harus mengatur karbohidrat yang masuk harus sama dengan energi yang dikeluarkan oleh tubuh. Energi yang dikeluarkan oleh manusia tidak sama satu dengan lainnya, ada beberapa faktor yang mempengaruhi seperti jenis kelamin, berat badan, usia, dan aktivitas yang dilakukan.

Gula batu (disebut juga Rock Sugar, atau lump sugar) adalah gula yang dibuat dari gula pasir, yang dikristalkan, melalui bantuan air yang dipanaskan. Tujuannya adalah agar mudah larut, dan kadang diberi tambahan citarasa seperti rasa karamel. Gula batu tidak semanis gula granulasi biasa, gula batu diperoleh dari kristal bening berukuran besar berwarna putih atau kuning kecoklatan. Kristal bening dan putih dibuat dari larutan gula jenuh yang mengalami kristalisasi secara lambat. Gula batu putih memiliki rekahan-rekahan kecil yang memantulkan cahaya. Kristal berwarna kuning kecoklatan mengandung berbagai karamel.
Gula batu juga bisa terbuat dari batang tebu berbentuk bongkahan besar-besar seperti batu. Proses pembuatannya hampir sama dengan gula pasir, namun suhu yang diperlukan untuk memprosesnya tidak setinggi pada gula pasir.
Gula batu merupakan zat tunggal yang tersusun lebih dari satu unsur. Zat tunggal yang tersusun lebih dari satu unsur dinamakan senyawa. Gula batu rasanya tidak semanis gula pasir dan rendah kalori, tetapi cita rasanya lebih legit. Gula ini meleleh perlahan. Sebagai pengganti gula pasir dapat menggunakan perbandingan, 1 sdt gula pasir = 2 sdt gula batu. Supaya lebih mudah larut, memarkan atau haluskan dahulu gula batu sebelum digunakan.
Kandungan gula batu

Komponen Satuan Gula Batu
Energi         Kkal 38.7
Karbohidrat g 10.0
Natrium      mg 0.1
Kalium              mg 0.2
Kalsium      mg 0.1
Fosfor              mg 0.2

Dalam setiap 5 gram gula batu mengandung sekitar 20 kalori dan 2 % manfaat karbohidrat. Gula batu tidak mengandung lemak, kolesterol, serat, protein, zat besi dan kalsium. Jadi gula batu hanya mengandung kalori dan karbohidrat saja. Konsumsi gula batu ini juga dianggap baik, berikut ini beberapa alasannya :

Gula Batu Tidak Mengandung Lemak Jenuh – Lemak jenuh merupakan jenis lemak yang didapatkan dari hewan dan bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Konsumsi lemak jenuh harus dibatasi dalam jumlah tertentu karena jika konsumsi terlalu tinggi maka bisa meningkatkan kadar kolesterol dan efek buruk berupa penyakit jantung.

Gula Batu Tidak Mengandung Kolesterol – Kolesterol adalah sebuah jenis zat lilin yang banyak ditemukan pada daging hewan dan bisa mengendap dalam darah manusia. Kolesterol baik diperlukan untuk beberapa fungsi seperti produksi manfaat vitamin D, steroid dan juga sistem kerja empedu. Namun kolesterol yang terlalu tinggi sangat dekat dengan resiko penyakit jantung. Kolesterol tidak bisa bekerja banyak untuk tubuh dan darah karena jenis kolesterol dari lemak jenuh lebih banyak menumpuk dalam darah.

Gula Batu Tidak Mengandung Sodium – Sodium adalah sebuah sebuah zat yang bermanfaat penting untuk mendukung keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh, menjaga keseimbangan pH dalam tubuh serta penting untuk kontraksi otot. Konsumsi sodium yang terlalu tinggi bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan meningkatkan berbagai resiko penyakit bawaan lain seperti stroke, penyakit jantung, diabetes dan penyakit lain.
Gula batu banyak digunakan sebagai pemanis pengganti gula pasir untuk berbagai jenis minuman seperti teh, air lemon atau jenis gula lain. Gula batu yang memiliki sifat keras tidak mudah mencair sehingga bisa mengurangi rasa manis namun akan lebih manis pada bagian akhir minuman ketika gula batu sudah mencair. Berikut ini adalah berbagai jenis manfaat gula batu yang perlu kita ketahui :

1. Sehat untuk Pankreas
Gula batu menghasilkan nilai + 5 untuk indeks manfaat yang berarti adalah nilai gula batu lebih baik daripada jenis gula pasir dan gula jawa. Pankreas adalah organ tubuh yang berfungsi untuk mendukung produksi insulin. Insulin digunakan oleh darah untuk merubah semua jenis gula yang masuk ke dalam tubuh menjadi sumber energi. Konsumsi gula batu secara efektif bisa mencegah masalah kelelahan dan menurunkan resiko penyakit diabetes. Jadi gula batu sangat aman untuk dijadikan konsumsi gula harian.

  2.   Sumber Energi Bagi Tubuh
Gula batu menjadi salah satu sumber energi terbaik untuk tubuh. Gula batu yang mencdiserap air dengan minuman akan mudah oleh tubuh dan akan dirubah menjadi bentuk gula yang lebih sederhana. Ketika gula yang lebih sederhana diserap oleh tubuh maka, tubuh bisa menghasilkan energi yang digunakan beraktivitas. Anda bisa mendapatkan khasiat gula batu dengan lebih cepat, misalnya saat tubuh sedang lelah. Anda bisa mengunyah gula batu seperti sedang makan permen. Teknik ini bahkan banyak digunakan oleh atlet yang bertanding di lapangan.

3.     Aman untuk Diabetes
Banyak penderita diabetes yang tidak mau mengkonsumsi gula karena takut kadar gula darah akan naik. Namun penderita diabetes juga tetap membutuhkan gula untuk keseimbangan kadar gula dalam tubuh dan sumber energi. Gula batu menjadi jenis gula yang sangat aman untuk diabetes karena tidak memberikan reaksi yang hebat untuk kadar insulin sehingga tidak berpengaruh untuk kadar gula dalam tubuh.

4.     Energi untuk Otak
Gula batu sangat baik untuk mempertahankan energi untuk bagian otak. Tanpa zat gula maka otak tidak bisa bekerja dengan baik. Ketika zat gula tidak bisa mencapai otak maka otak akan berhenti bekerja dan kehilangan kemampuan kerjanya. Namun sangat disarankan untuk lebih memilih jenis gula batu dibandingkan gula pasir karena memiliki jumlah kalori yang lebih rendah.
5.      Mengatasi Depresi

Kecemasan dan kepanikan bisa menjadi pemicu depresi yang parah. Gula batu adalah salah satu obat anti panik dan anti cemas yang sangat ampuh. Anda bisa mencoba mengunyah satu gula batu dan pertahankan di lidah hingga meleleh. Gula batu akan membuat tubuh seperti mendapatkan energi baru yang berpengaruh untuk suasana hati. Gula batu bisa memiliki efek menenangkan dan membuat suasana hati jauh menjadi lebih santai.

6.     Alat Terapi
Di beberapa bagian negara maju, manfaat gula batu banyak digunakan sebagai alat terapi untuk mempercepat masa pemulihan ketika sembuh dari sakit. Gula batu yang menjadi sumber energi yang mampu membuat tubuh menjadi lebih cepat pulih. Kondisi inilah yang akan membuat gula batu menjadi sumber yang paling aman untuk lebih cepat sembuh. Namun tindakan ini harus dilakukan dengan pengawasan dokter untuk melihat dosis gula batu yang digunakan.

Gula batu memang masih menjadi favorit terutama orang tua yang tidak ingin mengkonsumsi banyak gula batu. Gula baru tidak menimbulkan rasa sakit pada tenggorokan dan menghasilkan manis yang sangat lembut. Namun konsumsi gula batu sebaiknya juga harus mendapatkan pengawasan terutama jika dilakukan oleh anak-anak dan orang lanjut usia.

Standard gula batu

Parameter yang digunakan dalam distribusi ukuran kristal adalah median mesh size (MA) dan coefficient of variation (CV), Bostock, 2010 dan Bennar, 2009. Nilai dari MA tergantung dari standar dan permintaan konsumen, Untuk Indonesia berdasarkan SNI.3140.3 : 2010,  angka besar jenis butir sebesar 0.8 – 1.2 mm.

Nilai dari MA dan CV digunakan sebagai nilai input bagi perancangan alat pengering (sugar dryer). Secara umum nilai MA > 0.55 mm dan CV 28 % serta kadar air < 1 % digunakan sebagai parameter input perancangan sugar dryer.

Penurunan kualitas gula selama proses penyimpanan di gudang dipengaruhi oleh :

1. Ukuran partikel kristal yang kecil dan tidak rata. tidak ada kristal konglomerat karena dapat menimbulkan rongga-rongga yang terisi lapisan molases sehingga berpotensi menjadi tempat tumbuhnya mikroorganisme.

2. Kadar kotoran yang tinggi, contohnya kandungan gula reduksi yang tinggi yang berperan dalam sifat higroskopis gula kristal.

3. Jumlah zat tak terlarut seperti partikel bagasilo dan kotoran lain yang menempel pada permukaan kristal gula. Zat tak larut dapat membawa air dan tempat tumbuhnya mikroorganisme.

4. Kadar air gula kristal yang tinggi pada saat di packing. air yang terdapat dalam lapisan tetes pada permukaan kristal menyebabkan tekanan osmosa tinggi pada tetes dimana kondisi ini dapat menghambat propagasi mikroorganisme penyebab kerusakan gula.

5. Kelembaban atmosfer (relative humidityi) yang tinggi.
Gula batu ini sebetulnya hampir sama seperti gula pasir, tapi proses pengolahannya tidak sampai tahap kristalisasi. Bentuknya yang berupa bongkahan besar membuat gula ini tidak cepat larut saat diseduh dengan air panas. Untuk Anda penggemar teh poci, gula batu adalah pendamping yang paling pas. Gula ini akan larut secara perlahan seiring dengan obrolan bersama keluargan dan teman.

Cara membuat gula batu:

1. Langkah pertama yang harus dilakukan itu melarutkan gula  pasir  dalam  air  (setiap  1  kg gula  pasir  dalam  air  400  ml)  dipanaskan dalam panel.

2. Setelah semua  gula  larut,  untuk bisa menghilangkan  kotoran bisa dilakukan penyaringan tapi kalau banyak  bisa ditambahkan  putih  telur yang  sudah  dikocok  (1  buah  putih  telur cukup  untuk  30  kg  gula  pasir).

3. Setelah bersih  dari  kotoran,  ditambahkan air  kapur  yang  jernih  (setiap 1 kg  gula  pasir kira-kira 40 ml air kapur).

4. Panaskan terus larutan gula tersebut sampai suhunya mencapai 113-115°C.

5. Dibiarkan /  disimpan  panci  dalam  isolator selama  kira-kira  satu  minggu  nanti akan dihasilkan gula batu. Isolator  yang  biasa  dipakai  adalah  jerami, merang, dan lain sebagainya, maksudnya  pendinginan  supaya tidak terlalu  cepat  supaya  kristalnya  besar-besar. Untuk  mempermudah  mengambil  gula  batu, ember dilapisi dengan kertas.

Penyimpanan gula Batu

Simpan di Wadah Tertutup
Gula mudah sekali disemuti kalau anda membiarkannya di tempat terbuka. Seperti pepatah dimana ada gula disitu ada semut. Jadi, berhati-hatilah menyimpan gula kalau tidak mau berbagi dengan semut. Caranya adalah menyimpan gula murni di tempat yang tertutup rapat. Misalnya toples kue atau berikan cawan air di bawahnya agar semut tidak berani mendekat.

Udara Terbuka
Tidak perlu menyimpan gula di dalam almari es karena akan membuatnya menggumpal. Cukup simpan gula di udara sejuk ruangan dapur dalam kondisi tertutup. Gula adalah bahan pangan yang awet meskipun tanpa pengawet. Oleh karena itu, anda tidak perlu khawatir kadaluarsa meskipun tanpa pendingin.

Jauhkan Dari Api
Jangan meletakkan gula di dekat kompor karena akan membuatnya meleleh. Pada dasarnya gula terbuat dari cairan tebu sehingga bisa meleleh kalau suhunya tinggi. Bila anda adalah pedagang gula, sebaiknya jangan biarkan gula terkena sinar matahari langsung yang dapat membuatnya mencair. Letakkan di tempat teduh yang tidak terlalu panas agar keawetannya terjaga.

Ciri Gula yang Sudah Rusak

Bila gula batu di rumah anda sudah mecair, sebaiknya segera dihabiskan atau dibuang saja. Gula yang mencair menandakan kalau kualitasnya sudah buruk. Gula yang bagus itu kering dan mengkristal kasar. Kalau salah satu bagian gula mencair, maka sebentar lagi bagian lain juga akan ikut mencair. Sebisa mungkin hindarkan gula dari air agar tidak rusak.
Chitpraset dkk, 2006,  dalam penelitiannya terhadap penggumpalan raw sugar menyatakan bahwa ukuran kristal dan relative humidity (RH) dari lingkungan berpengaruh terhadap kerusakan (penggumpalan) selama proses penyimpanan.

Septiana Prabaningtyas (16.I1.0047) Yosefine Johan (16.I1.0070) Adinda Mutia Widjayanti (16.I1.0111)  Lidya Kurnia Sandhyta(16.I1.0112) Beda Yona Persia (16.I.0133)

4 comments:

  1. Sering saya dengar apabila mengkonsumsi minuman kesehatan seperti sari alang-alang, maupun sari dari tumbuhan yang berkhasiat bagi tubuh lebih baik jika menggunakan gula batu dibandingkan dengan gula pasir. Apakah benar demikian? Jika iya, mengapa?
    Irawati Febriyana 14.I1.0034

    ReplyDelete
  2. banyak manfaat yang bisa kita dapatkan ya

    markaindo

    ReplyDelete
  3. CV Bahagia Sukses Makmur adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan sewa Tenda Roder / Hanggar serta tenda lainnya. Kami memproduksi tenda dengan ukuran standard ataupun custom untuk kebutuhan gudang, marketing, event, wedding (pernikahan), party, DLL.
    Tenda Roder Putih dan Tenda Transparan

    Tenda Roder Putih
    Salah satu yang cukup sering digunakan adalah tenda roder dengan penutup PVC putih, Jenis tenda ini menjadi pilihan bagi anda yang ingin mengadakan acara yang bersifat komersil atau lebih privasi.
    Selain untuk event sendiri tenda ini juga sering digunakan sebagai tenda rumah sakit, tenda covid, tenda gudang tenda posko kemanan ataupun darurat.

    Tenda Transparan
    Tenda transparan ini dapat memberikan penerangan yang lebih maksimal dari pada tenda roder putih karena cahaya dapat masuk lebih banyak banyak ke dalam tenda ini. Tenda jenis ini memiliki kesan yang lebih arkistik dan elegan, sangat cocok untuk anda yang memimginkan tampilan cantik pada saat acara dilangsungkan.
    Pada umumnya tenda ini sering digunakan untuk acara event, wedding (pernikahan), party, bazar, pameran, DLL.

    Spesifikasi Tenda Roder
    1. Menggunakan PVC 850 blackout untuk atap nya, Dan bahan dindingnya ada 550, 410, 880 dan 850.
    Bisa disesaikan dengan kebutuhan ataupun keinginan anda.
    Blackouk sendiri tahan terhadap sinar UV matahari, Sehingga saat berada didalam tenda anda akan merasa nyaman.
    2. Memiliki Ukuran yang besar Dan beragam
    Kami memiliki beberapa ukuran bentangan yaitu 10 m, 15m dan 20 m dengan panjang bentangan kebelakang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.
    3. Menggunakan rangka allumunium yang tahan terhadap karat. Atau bisa juga menggunakan besi.
    4. Cocok digunakan untuk segala jenis acara.
    5. Tidak Memerlukan IMB (ijin mendirikan bangunan)

    Spesifikasi rangka tenda Roder
    1. Bentangan 10
    memiliki tebal 65 x 100 x 4 mm
    2. bentangan 15
    memiliki tebal 85 x 120 x 4 mm
    3. Bentangan 20
    memiliki tebal 100 x 200 x 4 mm
    *tingginya 3 m untuk bentangan 10 dan 15. Serta 4 m untuk bentangan 20. (bisa custom)


    Perusahaan kami telah berpengalaman dalam Membuat berbagai macam tenda. Silahkan hubungi 0811 1252 0824 RAHMA
    Office: Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci, Tangerang.
    SENIN - SABTU / 08.00 - 17.00

    Anda juga dapat menghubungi kami di :
    https://tendagudangjakarta.blogspot.com/
    https://tendagudangbogor.blogspot.com/
    https://tendaroderbsm.blogspot.com/
    Twitter : @TangerangRoder
    Instagram : @tendapameranjakarta
    Instagram : @tendagudangjakarta
    SHOPEE : @https:tendarodertangerang
    TOKOPEDIA :@partisipameran23
    PINTEREST : @TENDARODERBANDUNG

    ReplyDelete