Friday, July 14, 2017

WAJIK KETAN PADA SESERAHAN

 Kornelia Anne                                            (16.I1.0147)
 William Putra Yubiara                                (16.I1.0152)
 Cristina Rina Mardian                                (16.I1.0158)
 Nadya Anandha Putri Ayuningtyas           (16.I1.0186)

 Farida Izmi                                                 (16.I1.0194)


Paningset atau seserahan adalah salah satu rangkaian pada tahap pra mantu dalam upacara pernikahan adat jawa. Seserahan biasanya berupa uang, busana, dan makanan. Makanan bisa berupa daun sirih, nasi, dan jajanan yang berasal dari nasi ketan. Salah satu makanan dari nasi ketan yang digunakan pada saat Seserahan adalah Wajik Ketan.

Kue wajik atau yang sering kita dengar dengan sebutan wajik adalah sejenis kue tradisional khas masyarakat Melayu. Wajik terbuat dari ketan yang diberi gula merah dan dimasak dengan santan kelapa. Wajik memiliki makna agar kedua calon pengantin akan selalu lengket (selalu bersatu) selama-lamanya dan silaturahmi kedua keluarga tetap terjaga.

Cara memasak wajik biasanya ketan yang digunakan dimasak sampai lembut. Ada juga cara lain memasak wajik yaitu dimana ketannya dimasak stengah matang, akan tetapi cara memasak ini sudah jarang dilakukan orang karena hasil wajik yang dimasak akan keras. Dalam pembuatan wajik juga terdapat variasi rasa sesuai selera, seperti wajik rasa durian.

*  Kualitas Wajik Ketan yang Baik
Berdasarkan hasil wawancara dengan ibu penjual wajik di Pasar Jatingaleh yang menjelaskan bahwa wajik yang kualitasnya bagus akan kenyal jika ditekan – tekan, kemudian minyak pada wajik akan menempel di tangan jika wajik dipegang. Sedangkan kualitas wajik yang kurang bagus akan terasa keras jika ditekan dan ketan terlihat kurang mengembang.

*  Nilai, Peran atau Simbol
Wajik, jadah, jenang, dan lapis adalah makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan. Wajik merupakan makanan yang digunakan srah-srahan pada tahap midodaren. Beras ketan sebelum dimasak hambur, tetapi setelah dimasak, menjadi lengket. Begitu pula harapan yang tersirat, semoga cinta kedua calon pengantin selalu lengket selama-lamanya.

*  Tips
Gunakan buah kelapa dan jangan menggunakan santan instan yang banyak dijual di toko kelontong supaya hasilnya lebih enak dan legit. Seperti Resep Wajik Ketan yang lain, supaya hasilnya enak, harus menggunakan dan memilih tepung beras ketan kualitas yang baik dan tidak berbau apek. Karena resep kue wajik kali ini juga menggunakan santan yang direbus bersama dengan bahan bahan lain, jangan lupa tetap mengaduk santan supaya tidak pecah dan hasilnya sempurna.
Seperti juga resep kue dengan bahan dasar ketan yang lain, untuk memotong kue wajik juga harus menunggu benar benar dingin supaya potongannya rata. Sebaiknya pisau yang akan digunakan untuk memotong dilapisi atau diolesi dengan sedikit minyak terlebih dahulu karena Resep Wajik Ketan Gula Merah ini testurnya agak lengket dan supaya potonganya rata dan tidak lengket ke pisaunya.

*  Bahan yang Digunakan Membuat Wajik
   
½ kg beras ketan
       300 gram gula merah (sisir halus).
       2 sdm gula pasir
       ½ litter santan kelapa
      1 litter air mendidih
      2 lembar daun pandan (kira-kira 30 cm, kemudian ikat simpul)
      ¾ sdt garam halus

        Cara Membuat Wajik Ketan
     Cuci beras ketan dengan air mengalir sampai benar-benar bersih
    Rendam beras yang sudah dicuci bersih selama 2 jam
     Kukus beras ketan selama 25-30 menit sampai mekar
     Rebus air dan gula merah dengan daun pandan sampai mendidih dan gula benar-benar larut
     Masukkan beras yang sudah dikukus kedalam rebusan gula merah lalu tambahkan garam*     Diamkan sampai meletup-letup sambil diaduk-aduk sampai kental
     Aduk terus wajik ketan hingga dapat dibentuk dengan tangan dan tidak lengkat
     Tuang wajik ketan kedalam loyang kotak yang sudah dioles dengan minyak, diamkan sampai mendidih
     Tunggu sampai wajik ketan benar-benar dingin kemudian dipotong-potong
     Wajik ketan siap untuk sajikan


Source :
Ibu Penjual wajik pasar Jatingaleh

https://ebook.undk.asia/blog/2016/04/22/javanese-wedding/

1 comment:

  1. lah itu yang 1/2 liter santannya dikemanain ya? :D
    http://bellezuli.blogspot.co.id

    ReplyDelete